Press "Enter" to skip to content

indhie

indhie bukanlah “media online” yang benar-benar baru, demikian juga mereka yang aktif di sini (yang kelihatan maupun tidak). indhie sempat muncul beberapa tahun lampau namun kemudian non-aktif. Mengapa hadir lagi? Bagi kami, dunia jurnalistik adalah sebuah gairah, atau mungkin juga hobi yang mengasyikkan. Dia tak melulu ada dalam konsepsi sebuah pekerjaan dan profesi.

Meski bukan orang baru, kami tentu saja bukan tetua dalam jurnalistik. Kami ingin terus belajar. indhie menyadari bahwa jurnalisme adalah bidang yang sangat berkembang, tidak hanya dari sisi teknis melainkan juga ideologi dan bisnis. Jurnalisme dipenuhi ruangan-ruangan yang sangat besar, padat, riuh sekaligus bising. Dia bukanlah hal sederhana. Meski demikian, kaki dan tangan kami cukup kecil. Tentu, kami tak sanggup berhadapan dengan media skala besar yang ditelurkan dari badan usaha besar hingga menengah. Kami juga pasti akan lunglai bila ingin menerapkan sistem, mekanisme, jadwal dan tuntutan-tuntutan yang telah menjadi pola industri dan kapitalisasi media. Kami tahu diri dan lebih menyukai berada di ruang jurnalistik yang lebih tenang dan tidak gegap-gempita. Kami lebih baik tidak menjadi kompetitor bagi siapapun.

Karena itu pula, produk jurnalistik yang kami kerjakan, mungkin tidak akan seperti ekspektasi Anda terhadap sebuah media. Kuantitas berita kami pasti akan jauh lebih sedikit, itu sudah pasti. Bila Anda membayangkan sebuah media berbasis online yang dipersepsikan sebagai sebuah media yang memerbaharui informasinya detik demi detik, menit per menit, jam demi jam, maka kami pastikan, indhie tidak berada dalam ruang itu. Pada saat ini, kami lebih suka menyebut indhie sebagai blog jurnalistik.

Tapi kami juga fleksibel. Mungkin satu saat indhie cukup rajin, tapi di keesokan harinya malah tak ada postingan sama sekali. Anda boleh berbaik sangka, mungkin saja kami sedang berada di lapangan menggarap peristiwa. Toh, Anda juga tidak dilarang untuk menganggap kami sedang malas ataupun tertidur pulas. Seperti yang kami katakan tadi, kami tahu diri saja dengan pilihan, dan, tentu saja, kemampuan kami.

Jadi kelebihan indhie apa? Anggap saja tidak ada. Mungkin suatu saat Anda akan mengatakan postingan indhie bagus, dan di lain hari malah Anda tak menyukainya sama sekali. Anggap saja kami teman dan sahabat Anda: kadang ada kadang absen; kadang suka kadang benci.

indhie hanyalah kumpulan manusia-manusia biasa, apa adanya dan merdeka. (*)